Melihat Prospek Aneka Olahan Pangan Berbahan Baku Tepung Singkong


Singkong telah lama dikenal sebagai salah satu pangan lokal. Kandungan gizinya yang tinggi membuat pangan dari jenis umbi-umbian ini seringkali dijadikan makanan pokok di beberapa daerah. Umumnya singkong biasa disajikan dengan cara digoreng atau dikukus atau direbus.

Namun tahukah Anda jika singkong pun ternyata bisa diolah menjadi aneka makanan yang menggugah selera. Olahan ini akan membuat nilai jualnya  Ada banyak sekali macam olahan yang bisa dibuat dengan bahan baku singkong, sampai-sampai mungkin Anda tidak akan mempercayainya jika makanan tersebut bahan bakunya adalah singkong.

Ingin mengetahui apa saja olahan yang bisa dibuat? Mari simak , mungkin saja Anda bisa terinspirasi untuk memulai usaha dari salah satu produk yang ada di bawah ini.

Roti Donut
Panganan donat siapa yang tidak suka? Kue yang identik dengan kegiatan bersantai dan minum kopi di Amerika ini ternyata bisa dibuat dari bahan baku singkong atau ubi jalar. Singkong menjadi sajian roti donat? Bisa saja. Singkong yang merupakan tanaman umbi-umbian terlebih dahulu digiling menjadi bentuk tepung. Tepung inilah yang nantinya digunakan untuk membuat adonan donat.

Karaktersitik kue donut dari bahan baku tepung tapioka atau tepung singkong sangat unik. Selain tekstur rotinya yang lembut dan empuk, kue yang dihasilkan juga memiliki rasa yang manis. Di Indonesia sudah banyak dikembangkan usaha kue donat berbahan baku tepung singkong ini.
Melihat Prospek Aneka Olahan Pangan Berbahan Baku Tepung Singkong
Roti Donut
Pizza
Kalau yang ini sudah pasti semua pasti mengetahuinya. Pizza! Hanya dengan melihat sekilas tampilan panggangan berbentuk loyang yang ditaburi aneka macam bahan seperti daging, mushroom, keju, sayur-sayuran membuat kita langsung tergoda untuk mencicipinya.   Eits… ternyata singkong juga bisa diolah menjadi makanan khas Italia ini. Bagaimana caranya?
Umumnya adonan pizza menggunakan tepung terigu dicampur dengan maizena. Tepung tapioka bisa digunakan untuk menggantikan terigu tadi.
Olahan pizza dari singkon di Indonesia sudah ada yagn melakukannya, namun belum banyak yang membawanya ke level usaha yang lebih bergengsi. Jika Anda tertarik untuk memulainya, pastikan Anda membangun image yang khas pada Pizza Singkong ini agar tidak kalah bersaing dengan brand pizza yang telah lebih dahulu ada.
Melihat Prospek Aneka Olahan Pangan Berbahan Baku Tepung Singkong
Pizza Berbahan baku singkong

Brownies Singkong
Satu lagi olahan yang bisa dijadikan aleternatif berbahan baku singkong adalah brownies. Cake yang identik dengan rasa coklat  dan tekstur yang lemburt ini bisa dibuat dengna menggunakan bahan baku tepung tapioka dari singkong.
Saat ini sudah banyak usaha yang mengolah brownies berbahan baku singkong. Salah satunya adalah Mr. Brownco yang cukup terkenal dari Bogor, Jawa barat. Meski pelaku usahanya cukup ramai, prospek produk ini ke depannya tidak akan pernah sepi. Apa sebab? Permintaan akan brownies yang sangat digemari masyarakat cukup tinggi.
Melihat Prospek Aneka Olahan Pangan Berbahan Baku Tepung Singkong
Brownies Singkong

 Nah itulah beberapa Prospek Aneka Olahan Pangan Berbahan Baku Tepung Singkong yang bisa anda buat sendiri di rumah. selamat mencoba sampaijumpa pada artikel berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Melihat Prospek Aneka Olahan Pangan Berbahan Baku Tepung Singkong"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel