Kumpulan Rumus Matematika Untuk Sekolah Dasar (SD) Kelas 5 Beserta contoh contohnya

Saat kita duduk di bangku sekolah dasar ada beberapa mata pelajaran matematika yang tergolong sangat mendasar. matematika dasar tersebut dipelajari saat kelas 1 SD hingga kelas 5 SD. setiap rumus matematika memiliki contoh soal masing-masing. materi pembelajaran pada kelas 5 tersebut membahas tentang bilangan bulat (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) dan operasi hitung berjajar bilangan bulat. KPK atau kelipatan persekutuan kecil, FPB atau faktor persekutuan besar, operasi hitung campuran, akar, perpangkatan, persatuan, ukuran dan bangun datar.


Walaupun materi pelajaran ini termasuk dasar namun pembahasannya cukup Kompleks untuk dipelajari. pembelajaran matematika kelas 5 ini lebih mendasar tentang bilangan bulat, pemecahan hingga bangun datar, nah pembahasan untuk pertemuan kali ini saya akan menjelaskan beberapa kumpulan dari rumus matematika kelas 1 SD sampai kelas 5 SD beserta contoh-contohnya. untuk lebih jelasnya kalian simak penjelasan di bawah ini.

Kumpulan rumus matematika SD kelas 5 beserta contoh soalnya

Namun sebelum membahas tentang rumus matematika untuk sekolah dasar kelas 5 beserta contoh soalnya saya akan membagikan menjadi beberapa sub menu menjadi rumus bilangan bulat (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian serta bilangan bulat). penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian serta operasi hitung berjajar bilangan bulat, KPK atau kelipatan persekutuan kecil, FPB atau faktor persekutuan besar, operasi hitung campuran, akar, perpangkatan, satuan ukuran dan bangun datar. Berikut ini adalah ulasan selanjutnya.

Bilangan bulat

  Dibawah ini adalah rumus matematika kelas 5 SD yang pertama kali membahas tentang bilangan bulat. bilangan bulat tersebut yaitu bilangan yang tersusun dari bilangan nol, bilangan positif dan bilangan negatif. bilangan ini mencakup beberapa rumus seperti rumus penjumlahan bilangan bulat, pengurangan bilangan bulat, perkalian bilangan bulat, pembagian bilangan bulat dan operasi hitung berjajar bilangan bulat.

Penjumlahan
Kumpulan rumus matematika untuk kelas 5 SD kategori bilangan bulat yang pertama kali yaitu mempelajari tentang rumus penjumlahan bilangan bulat. rumus penjumlahan bilangan bulat tersebut mencakup beberapa sifat, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Penjumlahan antar sesama bilangan positif, Maka hasilnya yaitu bilangan positif juga. contohnya: 8 + 9 = 17
  • Penjumlahan antara bilangan positif dan negatif yang akarnya lebih besar, maka jumlah yang dihasilkan yaitu bilangan negatif. contohnya: 6 + -7 = -1
  • Penjumlahan antara bilangan negatif, naga untuk angka yang dihasilkan bilangan negatif juga. contohnya: -9 + -8 = -17


Pengurangan
Kumpulan rumus matematika untuk kelas 5 SD kategori bilangan bulat selanjutnya mempelajari tentang rumus pengurangan bilangan bulat. rumus pengurangan bilangan bulat ini mencakup beberapa sifat yaitu sebagai berikut:

  • Pengurangan antara bilangan positif dan bilangan negatif lainnya yang angkanya lebih kecil, maka yang dihasilkannya bilangan positif. contohnya: 11 - 9 = 2
  • Pengurangan antara bilangan positif dengan bilangan negatif lainnya yang angkanya lebih besar maka yang dihasilkan bilangan negatif tersebut. contohnya: 7 - 9 = -2
  • Pengurangan antara sesama bilangan negatif, Maka hasilnya bilangan negatif juga. contohnya: -5 - 4 = -9


Perkalian
Kumpulan rumus matematika untuk kelas 5 SD yang selanjutnya kategori bilangan bulat yang mempelajari tentang rumus perkalian bilangan bulat. rumus perkalian bilangan bulat ini mencakup beberapa sifat yaitu sebagai berikut:

  • Perkalian antara sesama bilangan positif,, maka nilai yang dihasilkan bilangan positif juga. Contohnya seperti: 11 x 11 = 121
  • Perkalian antara bilangan positif dengan bilangan negatif maka nilai yang dihasilkan yaitu bilangan negatif, Contohnya seperti: 5 x -4 = -20
  • Perkalian antara sesama bilangan negatif, Maka hasilnya yaitu bilangan positif. Contohnya seperti -7 x -6 = 42


Pembagian
Kumpulan rumus matematika untuk kelas 5 SD yang selanjutnya kategori bilangan bulat yang mempelajari tentang rumus pembagian bilangan bulat. rumus pembagian bilangan bulat ini mencakup beberapa sifat yaitu sebagai berikut:

  • Pembagian antara sesama bilangan positif, maka nilai yang dihasilkan ialah bilangan positif juga. Contohnya seperti 12 : 6 = 2
  • Pembagian antara bilangan positif dengan bilangan negatif maka nilai yang dihasilkannya yaitu bilangan negatif. Contohnya seperti: 10 : -2 = -5
  • Pembagian antara sesama bilangan negatif maka nilai yang dihasilkan yaitu bilangan positif. Contohnya seperti: -9 : -3 = 3
  • Pembagian antara bilangan negatif dengan bilangan positif maka nilai yang dihasilkan bilangan negatif. Contohnya seperti: -15 : 3 = -5

Operasi hitung berjajar
Kumpulan rumus matematika untuk kelas 5 SD yang selanjutnya yaitu bilangan bulat yang terakhir mempelajari tentang rumus operasi hitung berjajar bilangan bulat. rumus operasi hitung berjajar bilangan bulat ini mencakup beberapa sifat yaitu sebagai berikut.

  • Operasi hitung asosiatif mencakup 2 rumus yaitu a + (b + c) sama dengan (a + b) + c (untuk penjumlahan) dan a x(b x c) sama dengan (a x b) x c (untuk perkalian).
  • Operasi hitung disosiatif mencakup 2 rumus yaitu: a x (b + c) = a x b + a x c (perkalian terhadap penjumlahan) dan a x (b  -c) = a x b - a x c (perkalian terhadap pengurangan)


KPK dan FPB

  Kumpulan rumus matematika untuk kelas 5 SD selanjutnya membahas tentang KPK dan FPB. KPK atau kelipatan persatuan kecil adalah bilangan positif paling kecil yang bisa dibagi habis oleh dua bilangan itu sendiri.

Sedangkan FPB atau faktor persekutuan besar adalah bilangan positif paling besar yang bisa membagi dua bilangan itu sendiri. untuk mencari KPK dan FPB antara dua bilangan dapat menggunakan beberapa cara seperti menggunakan metode kelipatan, faktorisasi prima atau pohon faktor dan melalui metode tabel.

Metode kelipatan
Kumpulan rumus matematika untuk kelas 5 SD kategori KPK dan FPB dapat menggunakan metode kelipatan Contohnya yaitu sebagai berikut.

Mencari KPK dari 5 dan 9
Kelipatan Angka 5 = 5, 10, 15, 20, 25, 30, 35, 40, 45, dan seterusnya
Kelipatan Angka 9 = 9, 18, 27, 36, 45, dan seterusnya.
Kelipatan Angka dari binlangan di atas: 45
Jadi KPK dari 5 dan 9 ialah: 45

Mencari FPB dari 8 dan 20
Faktor dari 8 = 1, 2, 4,dan 8
Faktor dari 20 = 1, 2, 4, 5, 10,dan 20.
Faktor persekutuan  sama dari dua bilangan di atas: 1, 2,dan 4
Jadi FPB dari 8 dan 20 adalah 4.

Faktor  prisma atau pohon faktor
Kumpulan rumus matematika untuk sekolah dasar (SD) untuk kelas 5 untuk kategori KPK dan FPB bisa menggunkan metode faktorisasi prisma atau pohon faktor, contohnya sebagai berikut

Mencari KPK Dan FPB dari 12 dan 20
Faktor prisma dari 12 = 2 x 2 x 3 = 2² x 3
Faktorisasi Prima dari 20 = 2 x 2 x 5 = 2² x 5
Jadi KPK dari 12 dan 20 ialah 2² x 3 x 5 = 60.
Kemudian FPB dari 12 dan 20 ialah 2² = 4.


Meode Tabel
Kumpulan Rumus matematika untuk sekolah dasar (SD) kelas 5 untuk kategori KPK dan FPB bisa menggunakan cara tabel. yaitu sebagai berikut:

Operasi hitung campuran 

Kumpulan rumus matematika untuk sekolah dasar (SD) kelas 5 yaitu membahas tentang hitungan campuran. Operasi hitung campuran ialah operasi hitung, entah itu perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pembagian. dalam perhitungan ini harus mendahulukan operasi  kali (X) yang utama. selanjutnya bagi (:), jumlah (+) dan kurang (-). di bawa ini adalah beberapa contohnya:

  1. 1200 - 400 + 200 = 800 + 200 = 1000
  2. 200 - 20 X 50 = 200 - (1000) = -800
  3. 600 : 200 X 3 = 9 (dalam perhitungan ini tanda bagi (:) dan kali (X) setara, maka dari itu pengerjaan nya harus mendahulukan tanda mana yyang letaknya lebih dulu)
  4. 150 + (-125) : 15 - 100 = 150 + (-15) - 100 = 35

Perpangkatan dan akar

  Kumpulan rumus matematika untuk sekolah dasar (SD) kelas 5. selanjutnya membahas tentang perpangkatan dan akar ialah bilangan yang di kalikan bilangan itu sendiri sebanyak 2x. contohnya sebagai berikut: 3² = 3 x 3 = 9, 5² = 5 x 5 = 25, 10² = 10 x 10 = 100 sedangkan akar itu sendiri adalah hasil dari sebuah perpangkatan. misalnya.





Untuk mencari akar dalam bilangan sederhana bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini.

  1. Ambillah angka paling depan untuk mencari akar bilangan yg ingin di cari
  2. Lalu carilah hasil dari perkalian yang mendekati angka paling depan pada akar tersebut.
  3. Kemudian kurangkan angka pertama dalam akar dalam akar dengan hasil perkalian sebelumnya.
  4. jumlahkan angka yang di hasilkan pada cara kedua tadi dan posisikan sejajar dengan pengurangan yang sebelumnya.
  5. Carilah hasilkali yang sesuai dengan hasil pengurangan sebelumnya, namun angka tersebut harus sama.
  6. Simpan hasil angka tadi pada langkah sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya bisa anda simak contoh seperti berikut.








Satuan ukuran

  Kumpulan rumur matematika untuk sekolah dasar (SD) kelas 5. yaitu membahas tentang satuan ukur. satuan ukur itu sendiri terdiri dari satuan jarak. satuan waktu, satuan kecepatan dan satuan sudut. pada setiap satuan ukur mempunyai cara perhitungan sendiri sendiri. Sebagai contoh simak di bawah ini.

Satuan jarak
Kumpulan rumus matematika untuk sekolah dasar (SD) kelas 5. Yaitu kategiri satuan ukur yang pertama mempelajari tentang satuan jarak. Satuan jarak itu sendiri terdiri dari Kilometer (KM), Hektometer (HM), Dekameter (dam), Meter (m), desimeter (dm), centimeter (cm), dan milimeter (mm). dalam pengukuran jarak bisa menggunakan tangga satuan seperti sebagi berikut:
Contoh menghitung satuan jarak

  • 2000 m = ...km

Untuk mengubah m menjadi km maka kalian harus naik 3 tangga, maka dari itu di bagi dengan 1000. untuk setiap naik 1 tangga maka harus di bagi dengan 10, dengan begitu 2000 m = 2000 : 1000 = 2km

  • 42 m = ...cm

Untuk merubah m menjadi cm maka harus turun 2 tangga, maka dari itu di kali dengan 100. untuk setiap turun 1 tangga maka harus di kali dengan 10. Denagan begitu 42 m = 42 X 100 = 4200 cm.

Satuan kecewpatan
Kumpulan rumus untuk sekolah dasar (SD) kelas 5. untuk kategori satuan ukur yang selanjutnya yaitu mempelajari tntang satuan kecepatan. untuk menghitung kecepatan dan menggunkan beberapa rumus, contoh seperti di bawah ini:

Contohnya:
berapakah kecepatan mobil yang menempuh jarak 250 km dengan waktu 5 jam.

Pembahasan.
Diketahui : jarak = 250 km; Waktu = 5 jam
Ditanyakan : Kecepatan = ?
  jawaban:
Kecepata = jarak/waktu
                = 250/5
                = 50 km/jam

Satuan waktu
Kumpulan rumus matematikan untuk sekolah dasar (SD) kelas 5. yaitu kategori satuan ukuran senjutnya mempelajaari tentang satuan waktu. dalam satuan ini ada beberapa persamaan seperti berikut:
1 jam = 60 menit
1 menit = 60 detik
1 jam = 3600 detik
Contoh:
  • 15 jam = ...detik
Berdasarkan persamaan diatas maka 15 jam = 15 X 3600 = 54000 detik.
  • 4000 detik = ...menit
Berdasarkan persamaan diatas 4000 detik = 4000 : 60 = 66,67 menit.

Satuan sudut
Kumpulan rumus matematika untuk sekolah dasar (SD) kelas 5. yaitu kategori satuan ukuran yang terakhir memelajari tentang satuan sudut. sudat bisa dibagi menjadi beberapa jenis. yaitu, Siku-siku, Reflek, dan sudut lancip. setiap sudut mempunyai besarnya masing masing.
Sudut lancip < 90°
Sudut tumpul > 90° dan < 180°
Sudut siku siku = 90°
Sudut reflek = 180° <...<360°
Bangun datar
Kumpulan rumus matematika untuk sekolah dasar (SD) kelas 5 yang terakhir yaitu membahas bangun datar. Bangun datar Matemaika terdiri dari beberapa bentuk seperti persegi, persegi panjang, jajar genjang, belah ketupat, trapesium, layang layang, lingkaran dan segitiga. Masing masing bangun datar memiliki rumus keliling dan rumus luas yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan bentuk dan panjang sisi setiap bangun juga berbeda.

Persegi
Persegi ialah bangun datar yang mempunyai 4 sisi yang panjangnya sama. Berikut rumus perseginya:
Rumus Luas Persegi = sisi x sisi
Rumus Keliling Persegi = 4 x sisi

Persegi Panjang
Persegi panjang ialah bangun datar yang memiliki 2 pasang sisi yang panjangnya sama dan sejajar. Berikut rumus persegi panjangnya:
Rumus Luas Persegi Panjang = panjang x lebar
Rumus Keliling Persegi Panjang = 2 x (panjang + lebar)
Jajar Genjang
Jajar genjang ialah bangun datar yang memiliki 2 sisi yang sejajar, dua sudut tumpul dan 2 sudut lancip. Berikut rumus jajar genjang:
Rumus Luas Jajar Genjang = alas x tinggi
Rumus Keliling Jajar Genjang = (2 x alas) + (2 x tinggi)

Belah Ketupat
Belah ketupat ialah bangun datar yang memiliki 4 sisi, 4 titik sudut, dua sudut yang besarnya sama dan dua diagonal yang saling berpotongan tegak lurus. Berikut rumus belah ketupat:
Rumus Luas Belah Ketupat =1/2 x diagonal 1 x diagonal 2
Rumus Keliling Belah Ketupat = 4 x sisi
Trapesium
Trapesium ialah bangun datar yang memiliki sepasang sisi sejajar tetapi panjangnya berbeda. Sisi sisi sejajar tersebut membentuk sudut 180°.  Berikut rumus trapesium:
Rumus Luas Trapesium = 1/2 x (jumlah sisi sejajar) x tinggi
Rumus Keliling Trapesium = jumlah semua sisi
Layang Layang
Layang layang ialah bangun datar yang memiliki dua pasang sisi yang panjangnya sama dan dua sudut yang sama besar. Berikut rumus layang layang:
Rumus Luas Layang Layang = 1/2 x diagonal 1 x diagonal 2
Rumus Keliling Layang Layang = 2 x (sisi a dan sisi b)
Lingkaran
Lingkaran ialah bangun datar yang memiliki satu sisi saja dan besar sudut yang tak terhingga. Berikut rumus lingkaran:
Rumus Luas Lingkaran = π x r²
Rumus Keliling Lingkaran = 2 π r
Segitiga
Segitiga ialah bangun datar yang memiliki 3 buah sisi dan 3 buah sudut yang jika dijumlahkan membentuk sudut 180°. Berikut rumus segitiga:
Rumus Luas Segitiga = 1/2 x alas x tinggi
Rumus Keliling Segitiga = 3 x sisi
Nah itulah Kumpulan Rumus Matematika Untuk Sekolah Dasar (SD) Kelas 5 Beserta contoh contohnya. sampai jumpa pada artikel berikutnya

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Rumus Matematika Untuk Sekolah Dasar (SD) Kelas 5 Beserta contoh contohnya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel