Inilah Pengertian Otak Besar, Fungsi, Struktur dan Bagian bagian Dari Otak Besar (Cerebrum) legkap



Otak besar atau cerebrummerupakan masa embrionik, sistem saraf pusat yang membentuk kanal pusat dangkal ventrikel dan membentuk bagian putih serta abu-abu. bagian abu-abu yang mengandung badan sel neuron. dendrit, dan akson yang tidak bermielin. sedangkan di bagian putih mengandung akson yang terbungkus myelin, sehingga neuron tersebut berwarna putih.

  Sesuai dengan yang kita sebut otak besar, merupakan bagian terbesar dari otak manusia. pada orang dewasa berat otak besar yaitu sekitar 1 kg sampai 2/3 dari berat keseluruhan otak di kepala. otak besar terdiri dari beberapa bagian yaitu bagian kanan dan bagian kiri. di bagian kanan otak besar berfungsi sebagai pengontrol dari fungsi tubuh sebelah kiri, dan di bagian otak kiri otak besar berfungsi mengontrol fungsi tubuh sebelah kanan. sebagai struktur terbesar otak otak besar memiliki fungsi yang sangat vital pada bagian tubuh manusia. selain itu juga sebagai bagian utama sistem saraf cerebrum yang memiliki ratusan neuron yang mengirim informasi ke berbagai tubuh.

fungsi dari otak besar (besarcerebrum)

  Otak besar cerebrum merupakan pengontrol pusat sebagian besar aktivitas pada tubuh manusia. kota yang paling besar berperan sebagai pengaturan gerak sadar (kota lurik atau otot rangka) memori emosi persepsi terhadap rangsangan fungsi belajar manusia. pengaturan alat indera dan lain sebagainya. namun fungsi utama otak besar tersebut yaitu sebagai pusat pengaturan kesadaran dan pusat memori pengingat.


Struktur dan bagian otak besar. (cerebrum)



  Berdasarkan strukturnya bagian otak besar dibagi menjadi dua bagian utama yaitu korteks serebrum (bagian luar) dan ganglia besar (di bagian dalam)


Korteks serebrum.

  Kordteks merupakan lapisan tipis yang berwarna abu-abu yang mempunyai miliaran badan sel saraf. korteks juga bisa disebut area Gray matter. sel saraf yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk seperti untaian rantai sehingga informasi yang diterima oleh satu sel saraf bisa diteruskan melalui komunikasi dengan sel saraf lainnya. chord teks terbagi menjadi tiga area utama di antaranya sebagai berikut:


Area sensorik.

  Iya nih area yang bertugas menggantikan informasi sensorik (rangsangan otak) Contohnya seperti cahaya, pengecapan dan suara.


Area motorik.

  Yani area yang bertugas mengendalikan otak sehingga terjadinya sesuatu gerak. suatu contoh saat menginjak Duri. maka akan terjadi refleks dengan bergeraknya kaki yang menjauhi Duri tersebut.


Area asosiasi.

  Yani area yang berfungsi dalam merekam pengalaman yang dialami oleh tubuh (memori) kemauan dan kecerdasan serta mengatur beberapa fungsi bahasa manusia lainnya.


Ganglia dasar.

  Ganglia dasar merupakan area berwarna putih yang banyak mengandung dendrit dan juga akson. lapisan tersebut lebih tebal jika dibandingkan bagian korteks. fungsi ganglia dasar yaitu sebagai koordinasi yang melakukan gerakan. Yaitu pengaturan gerakan tak sadar. fungsi komisi dan fungsi emosional.


Berdasarkan lobusnya, otak besar dibagi menjadi beberapa bagian Diantaranya yaitu lobus frontal, lobus parietal, lobus temporal, dan lobus oksipital.


Lobus frontal

  lobus tersebut terletak pada bagian depan otak besar. fungsi lobus frontalis ini yaitu mengatur kegiatan motorik (gerak manusia) secara sadar. kemampuan berbicara. kemampuan berfikir (memecahkan suatu masalah) dan mengontrol emosi.


Lobus parietal

  Lobus ini terletak pada bagian belakang atas otak besar. fungsi utama lobus oriental yaitu sebagai pusat sensorik atau penerimaan rangsangan seperti sentuhan, tekanan, rasa sakit dan tekanan.


Lobus temporal

  Lobus ini terletak di bawah lobus parietal tepatnya pada bagian Sisi otak besar. fungsi dari lobus temporal yaitu sebagai Pusat pendengaran dari fungsi bahasa.


Lobus oksipital.

  Lovebird tersebut terletak pada bagian belakang otak besar. fungsi utama lobus oksipital sebagai pusat visual (pengelihatan).


Demikianlah penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang pengertian otak besar serta fungsi otak besar. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda dan bisa menambah ilmu pengetahuan kalian. Sekian dari saya sampai jumpa.


Belum ada Komentar untuk "Inilah Pengertian Otak Besar, Fungsi, Struktur dan Bagian bagian Dari Otak Besar (Cerebrum) legkap"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel