Pengertian kelenjar paratiroid dan fungsi serta Struktur Kelenjar Paratiroid Terlengkap


 Kelenjar paratiroid merupakan suatu kelenjar endokrin pada leher yang berfungsi mensekresi atau memproduksi hormon paratiroid. letak dari kelenjar paratiroid ini berada pada bagian belakang dari kelenjar tiroid atau kelenjar yang paling dekat dengan kelenjar tiroid. untuk itu kelenjar ini disebut dengan paratiroid. namun pada kasus langka kelenjar ini terletak di dalam kelenjar tiroid untuk sendiri atau di dada. manusia sendiri memiliki 4 buah kelenjar tiroid. hormon yang dihasilkan kelenjar paratiroid yaitu hormon paratiroid yang berfungsi untuk mengontrol kadar kalsium darah dan tulang. kelenjar ini akan terus berfungsi serta memproduksi secara konstan sehingga seseorang mencapai usia 30 tahun.

Fungsi dari kelenjar paratiroid.

  Fungsi utama dari kelenjar paratiroid adalah untuk memproduksi hormon paratiroid. yaitu hormon peptida yang berguna untuk mengatur kadar kalsium dalam darah dan tulang pada makhluk hidup. cara menurunkan fosfat dalam darah. meningkatkan sekresi fosfat dalam urin. serta meningkatkan pembentukan 1,25 dihidroksikolekalsiferol, metabolit aktif dari vitamin D.

Ada dua efek yang bisa menyebabkan konsentrasi kalsium naik:
  • Efek hormon paratiroid yang menyebabkan terjadinya penyerapan kalsium dan fosfat pada tulang.
  • Efek hormon paratiroid dalam mengurangi pengeluaran (exsresi) kalsium pada ginjal.
Struktur kelenjar paratiroid.
   1 kelenjar paratiroid biasanya memiliki panjang sekitar 6 MM. lebar sekitar 3 MM. dan tebal memiliki 2 mm. Apabila seseorang memiliki ukuran kelenjar yang jauh lebih besar dibandingkan ukuran pada normalnya, maka bisa dipastikan orang tersebut menderita penyakit hiperparatiroid atau tumor. umumnya kelenjar paratiroid ini berwarna coklat kehitaman.

  Pada tubuh kita Terdapat 4 kelenjar paratiroid dengan 2 kelenjar paratiroid di setiap sisi atas dan bawah. namun jumlah tersebut bervariasi bisa lebih ataupun bisa kurang.

  Kelenjar paratiroid pada orang dewasa memiliki sel pemimpin (chied cell) yang mengandung aparatus golgi. yaitu tempat produksinya hormon paratiroid. pada kelenjar tiroid juga terdapat sel Oksifil yang mengandung granula Oksifil Dan sejumlah besar mitokondria dalam sitoplasma. Sebelum masa pubertas berakhir hanya sedikit dijumpai sel oksifil. namun setelah itu jumlah sel ini meningkat seiring bertambahnya umur seseorang. fungsi sel oksibil masih belum terlalu diketahui. kemungkinan sel tersebut merupakan modifikasi Atau sisa dari sel-sel yang tidak lagi memproduksi hormon.

  Sirkulasi daerah ke kelenjar paratiroid biasanya oleh cabang Arteri tiroidea inferior pada setiap sisi.1/3 kelenjar paratiroid pada manusia memiliki dua atau lebih Arteri parateroid. pembuluh limfe paratiroid beragam dan memiliki hubungan dengan pembuluh limfa kelenjar tiroid dan kelenjar timus. persarafan pada kelenjar tiroid merupakan saraf yang bersifat Simpati. yaitu langsung dari ganglia servikalis Superior atau Metida.

  Demikianlah sedikit penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian kelenjar paratiroid dan fungsi serta Struktur Kelenjar Paratiroid Terlengkap. semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda dan bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan anda.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian kelenjar paratiroid dan fungsi serta Struktur Kelenjar Paratiroid Terlengkap"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel