Pengertian Etika Komunikasi Secara Umum Dan Menurut Para Ahli - Daunpendidikan.com
Pengertian Etika Komunikasi
Secara Umum
Tata cara pergaulan atau
etika ini dibentuk dengan tujuan agar kepentingan antara komunikator dengan
komunikan sama-sama tercapai dan tidak ada yang merasa dirugikan, sementara
komunikasi adalah kegiatan untuk menyampaikan dan menerima informasi baik dari satu
orang maupun banyak orang. Lantas, apa itu etika komunikasi?
Secara umum, etika
komunikasi adalah nilai, ukuran tingkah laku, dan norma dalam kegiatan
komunikasi bermasyarakat. Pada intinya, dalam komunikasi seseorang harus
memiliki perilaku yang baik terutama dalam penyampaian maksud dan informasi ke
dalam pikiran orang lain.
Etika Komunikasi Secara Umum Dan Menurut Para Ahli |
Pengertian Etika
Komunikasi Menurut Para Ahli
Pengertian etika komunikasi
menurut para ahli cukup beragam, selain memberi penjelasan tentang etika
komunikasi para ahli cenderung menjelaskan apa yang dimaksud dengan etika.
Misalnya saja Drs. D.P. Simorangkir yang berpendapat bahwa etika adalah
pandangan manusia menurut nilai dan ukuran yang baik dalam berperilaku.
Pengertian etika komunikasi
bisnis tidak akan bisa dilepaskan dari kegiatan bisnis itu sendiri, etika
komunikasi bisnis merupakan aturan komunikasi atau serangkaian prinsip dasar
yang dilakukan dalam kegiatan bisnis. Dimana didalamnya mencakup cara berbisnis
yang adil sesuai dengan hukum yang diberlakukan.
Pengertian etika komunikasi
perlu untuk dipahami karena masing-masing pendapat biasanya menjelaskan tentang
etika komunikasi yang lebih khusus. Meskipun demikian, pada intinya semua
pengertian etika dalam komunikasi sama.
Pengertian etika komunikasi
digital adalah serangkaian prinsip yang dibuat masyarakat dalam berkomunikasi
melalui media digital. Media digital diantaranya adalah telepon, ponsel,
televisi, radio, komputer dan lain sebagainya. Dimana media ini memungkinkan
manusia untuk berkomunikasi secara tidak langsung.
Pengertian etika komunikasi
interpersonal adalah etika komunikasi yang berlangsung antara individu atau dua
orang lebih secara langsung dengan tatap muka. Selain itu, adapula yang
menyebutkan bahwa etika komunikasi interpersonal adalah serangkaian prinsip komunikasi
yang diatur oleh norma agar tidak terjadi kesalahpahaman antara penyampai dan
penerima informasi.
Pengertian etika komunikasi
kantor merupakan norma atau nilai dalam kegiatan komunikasi dalam lingkup
perkantoran, etika dalam suatu komunikasi atau pembicaraan harus digunakan
untuk menghormati dan menghargai lawan bicara. Komunikasi perkantoran bisa
secara langsung (tatap muka) atau tidak langsung (via telepon/surat).
Contoh etika komunikasi
perkantoran biasanya terjadi diantara atasan dengan bawahan atau sesama
pekerja. Dala komunikasi atasan dengan bawahan akan ada etika memerintah dan
diperintah sehingga hal ini benar-benar harus dipahami oleh para pekerja dan
atasan.
Pengertian etika komunikasi
massa sering disebut juga dengan istilah etika pers, etika komunikasi massa
atau pers memiliki definisi bahwa dalam komunikasi pers harus dibubuhi dengan
filsafat moral yang berkaitan dengan kewajiban-kewajiban tentang pers. Etika
pers pada dasarnya adalah ilmu tentang peraturan yang mengatur kerja dan tingkah
laku pers.
Pers yang mengikuti etika
atau pers etis adalah pers yang menyajikan fakta dan informasi yang benar
sehingga pembaca bisa menilai sendiri informasi tersebut. Informasi bohong atau
palsu merupakan tanda bahwa pers tersebut tidak mengikuti kode etik yang
berlaku. Karena pada dasarnya, fungsi etika komunikasi pers adalah mengatur
pers agar tidak menyebarkan berita hoax yang merugikan.
Demikian tadi beberapa arti
dari istilah etika komunikasi, semoga informasi terkait pengertian etika
komunikasi menurut para ahli ini bermanfaat untuk kamu.
Belum ada Komentar untuk "Pengertian Etika Komunikasi Secara Umum Dan Menurut Para Ahli - Daunpendidikan.com"
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.