Inilah Cara Penyerbukan Bunga Salak Beserta Penjelasannya Secara lengkap

Salak adalah jenis tanaman buah yang sangat mudah ditemukan pada toko-toko buah. ada banyak petani yang membudidayakan tanaman salak dan menjadi salah satu tanaman yang sangat bermanfaat. dari kelopak bunganya salak termasuk dalam jenis bunga tidak sempurna karena pada satu bunga hanya mempunyai satu organ seksual saja. Oleh sebab itu Anda yang berminat untuk menanam tanaman ini perlu mengetahui bagian-bagian penting Bagaimana bentuk dan morfologi dari bunga salak jantan dan bunga salak betina.


Bunga campuran, bunga jantan dan bunga betina buah salak.

Secara morfologi bunga salak dibagi menjadi 3 Jenis tanaman yaitu, salak campuran, salak jantan, dan salak betina. berikut ini penjelasan mengenai kondisi morfologi dan karakter dari masing-masing bunga salak.

Bunga salak campuran.
  Bunga salak campuran adalah jenis bunga yang terdiri dari tongkol bunga jantan dengan bunga sempurna.

Bunga salak jantan.
  Dari segi ukuran bunga salak jantan lebih kecil dibandingkan bunga salak betina. bentuk dari bunga salak jantan seperti biji pinus atau strobilus jantan. jumlah Malai pada bunga salak jantan terdapat empat buah Malai

Bunga salak betina.
  Pada salak betina, ukurannya lebih besar daripada bunga salak jantan. Adapun jumlah Malai bunga salak betina hanya satu buah saja.

Yang perlu Anda ketahui dan anda perhatikan, Jika pohon salak akan menghasilkan bunga saat usia 3-4 tahun setelah penanaman, dalam kondisi yang cukup dewasa. sedangkan Anda yang menanamnya ketika pohon salak masih anak-anak makan salak akan berbunga ketika usia 1 sampai 2 tahun. dalam kondisi Mekar struktur anatomi bunga salak akan bertahan selama 2 hari saja.

Inilah cara Penyerbukan bunga salak.

  Hewan polinator untuk Penyerbukan bunga Contohnya seperti kupu-kupu, dan lebah. tetapi bunga salak dilakukan penyerbukan oleh kumbang.

  • Cara yang bisa dilakukan penyerbukan oleh kumbang yaitu bunga salak jantan yang mempunyai aroma kuat ketika mengalami pembungaan.
  • Saat kumbang berada pada salak jantan yang masih kondisi berbunga, maka serbuk sari jatuh dan akan melekat pada tubuh kumbang.
  • Lalu bunga salak betina yang mempunyai aroma kuat dan berbunga akan dihinggapi oleh kumbang. saat kondisi inilah yang mendukung seperti kumbang membawa serbuk cari bunga salak jantan, dan akhirnya penyerbukan bisa terjadi.
  • Lalu menaruhnya di atas bunga salak betina. berhasilnya proses penyerbukan ini terjadi saat jumlah serbuk sari yang dibawa kumbang banyak sehingga pembuahan buah salak akan cepat terjadi.

Secara alamiah, kumbang akan membantu salak untuk tetap terjaga siklus hidupnya. salah satu contoh tumbuhan berkeping satu ini ternyata bisa dilakukan penyerbukan dengan bantuan manusia. karena mempunyai rasa buah yang asam dan manis serta banyak gizi dan nutrisi. tentu saja orang cara Penyerbukan bunga salak bukan menjadi hal yang rumit bagi mereka yang memiliki Kebun Salak. di bawah ini adalah beberapa tahap yang bisa anda lakukan supaya Penyerbukan bunga salak berhasil.

  • Pilih bunga salak jantan dan contoh saja yang masih bagus. cara betina yang akan dilakukan untuk penyerbukan yaitu. bunga salak jantan dan betina dapat dilakukan penyerbukan adalah bunga salak jantan yang menghasilkan serbuk sari yang banyak dan betina yang usianya sudah cukup untuk dilakukan penyerbukan.
  • Meletakkan bunga salak jantan pada bunga betina. Adapun bagian bunga salak jantan bisa anda potong menjadi 3 bagian supaya terjadi penyerbukan sendiri. hal semacam ini bisa mencegah terjadinya serbuk sari yang kurang selama proses penyerbukan.
  • Tunggulah sampai 1 bulan saat bunga jantan dan bunga betina menghasilkan bakal buah salak.

Setelah anda mengetahui dan memahami morfologi bagian-bagian bunga salak, Saya harap tanaman yang nantinya akan Anda tanam bisa menghasilkan buah salak yang sesuai anda inginkan. Selain itu anda lebih memahami tentang penyerbukan buah salak itu sendiri. sekian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai Cara Penyerbukan Bunga Salak Beserta Penjelasannya Secara lengkap sampai jumpa satu artikel berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Cara Penyerbukan Bunga Salak Beserta Penjelasannya Secara lengkap"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel