Inilah Arti Dan Makna Tut Wuri Handayani Serta Sejarahnya Yang Haruskamu Ketahui


Tiga Arti dari kata Tut wuri Handayani.

  Saat kita masih duduk di bangku sekolahan dulu, pasti kita sering sekali mendengar kalimat "Tut wuri Handayani" Kalimat yang hanya terdiri dari tiga kata tersebut memiliki arti ungkapan/slogan yang di buat oleh pahlawan Nasional sekaligus menjadi Bp pendidikan di indonesia. Yaitu Ki Hajar Dewantara. Kalimat ini juga mempunyai Gambar atau Logo yang selalu terpampang pada sampul buku pelajaran maupun dasi para murid sekolah.

Kalimat "Tut wuri Handayani" Memang terkesan sederhana. walaupun begitu, banyak makna yang terkandung didalam kata tersebut. arti dan kata yang mendalam tentang pentingnya sebuah keteladanan bagi seorang pemimpin atau pendidik baik itu tari segi moral, ahlak, tingkahlaku untuk anak didiknya.

Semboyan dari kata "Tut Wuri Handayani" adalah salah satu dari tiga (3) prinsip yang di ajarkan oleh bapak pendidikan kita. konteks yaitu "Ing Ngarso Sun Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani" Yang artinya sebagai berikut:

Ing Ngarso Sun Tuladha:
  Yang berada di depan (Seorang pemimpin atau pendidik) Harus bisa memberikan contoh yang baik bagi orang yang di belakang atau murid muridnya.

Ing Madya Mangun Karsa:
  Yang berada di tengah (Pemimpin atau pendidik) harus bisa memberikan dukungan atau ide-ide yang cemerlang dan sekaligus semangat bagi orang yang berada di depan.

Tut Wuri Handayani:
  Yang berda di belakang (Pemimpin atau pendidik) Harus bisa memberikan dorongan, didikan dan arahan kepada orang yang di belakang atau anak murid kita.

Sejarah Dari Tut Wuri Handayani

Ada banyak sekali para pejuang pada zaman penjajah dulu yang berjuang Mati-matian untuk mempertahankan tanahair Nusantara dari para penjajah. Oleh karena itu banyak militan indonesia yang terkenal namanya, seperti, Ki Hajar Dewantara. yaitu Seorang pejuang dan sekaligus Bp Pendidikan indonesia.

Nama Dari Ki Hajar Dewantara  memang sangat kental jika di sandingkan dengan sejarah pada awal pendidikan di indonesia. Beliau juga telah mendirikan Sekolahan yang dinamakan Taman siswa.

Pembuatan lembaga pendidikan tersebut bertujuan agar bisa melahirkan masyarakat terpelajar dan bisa bersaing dengan kolonial pada waktu itu. Selain itu pendidikan juga berguna agar rakyat indonesia di sadarkan dari keterpurukan yang di akibatkan oleh penjajahan (fisik maupun budaya) dari negara-negara asing.

Taman Pelajar/Siswa pertama kali didirikan pada tanggal 3 juli 1922 silam. yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara yang mempunyai nama asli Raden Soewardi Soejanigrat, merupakan seorang yang pertamakali menciptakan dan sekaligus mengucapkan semboyan Tut Wuri Handayani.

Lambang/Logo Dari Tut Wuri Handayani

Mungkin sudah umum seseorang mengatakan bahwa lambang Tut Wuri Handayani yang aslinya adalah lambang dari Kementrian Pendidikan dan kebudayaan, layaknya yang diputuskan mentri pendidikan kebudayaan No,0398/M/1977 tanggal 6 September 1997 dengan arti dan lambang nya sebagai berikut:


  • Logo bidang segi lima yang di beri warna biru muda. artinya  menggambarkan suatu alam kehidupan dari pancasila.
  • Logo Semboyan Tut Wuri Handayani, yang mempunyai arti pendidikan juga penghargaan kita terhadap mendiang Ki Hajar Dewantara. Hari lahir Ki Hajar Dewantara tersebut sudah di jadikan sebagai hari Pendidikan Nasional, dan di peringati pada setiap tahunya.
  • Logo Belencong Menyala dengan motif garuda. Arti sebagai sebuah lampu yang bisa membuat suatu pertujuan kian hidup. Sedangkan arti dari burung garuda sendiri yaitu gambaran sifat gagah perkasa, dinamis, mampu danjuga mandiri mengarungi angkasa raya.
  • Logo buku artinya, yaitu sebagai sumber dari seluruh ilmu pengetahuan bermanfaat bagi kehidupan nusa dan bangsa.
  • Logo warna. artinya: Putih pada ekor dan sayap dari burung garuda yaitu Suci,aliyas bersih tanpa mengaharapkan apapun. warna kuning keemasan pada nyala api yang berarti sebuah keanugrahan dan keluhuran dari suatu pengabdian. Warna biru muda pada bidang berbentuk persegi lima, yang artinya dengan memiliki pandangan hidup mendalam, maka maka jiwa pengabdian di curahkan dan tak akan kunjung putus.

Itulah sekelumit penjelasan sederhana tentang Arti Dan Makna Tut Wuri Handayani. Dan sudah menjadi sebagian dari Tanahair indonesia, dan sudah selayaknya kita mengamalkan semboyan tersebut dan menjadikan seseorang yang mampu menjadi pendidik dan terdidik dan hormat pada perjuangan masa silam.


Belum ada Komentar untuk "Inilah Arti Dan Makna Tut Wuri Handayani Serta Sejarahnya Yang Haruskamu Ketahui"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel