Beberapa Contoh Tajuk Rencana Pada Surat Kabar Tentang Pendidikan Terlengkap

  Contoh Tajuk Rencana yang Biasa terdapat di dalam surat kabar. tajuk rencana tersebut digunakan sebagai penentu baik ataupun buruknya kualitas dari sebuah surat kabar. hal-hal yang dibahas dalam tajuk rencana tersebut Biasanya berupa topik yang sedang dibicarakan masyarakat maupun topik topik yang menarik lainnya. tajuk rencana pada surat kabar dapat diartikan sebagai pendapat ataupun opini dari media kepala penerbit tentang hal-hal yang fenomenal, kontroversional, ataupun persoalan faktual yang berkembang di kalangan masyarakat tersebut. pendapat tersebut sebagai wujud pencerminan kepada media secara keseluruhan oleh pihak penerbit. umumnya sebuah contoh tajuk rencana tidak hanya berisi pendapat saja. melainkan opini dari seluruh karyawan maupun wartawan dari lembaga pers.


  Contoh dari tajuk rencana dalam surat kabar yang biasa ditulis tanpa disertai nama penulisnya, hal ini biasanya disebabkan karena berisi kumpulan opini banyak. pembuatan tajuk rencana di dalam surat kabar harus memenuhi beberapa penting yang menggunakan bahasa normatif, berhati-hati dalam menggunakan bahasa, tidak hanya bersifat menggelitik secara langsung, harus memiliki kepribadian pers, cenderung konservatif, dan berkarakter. untuk jenis tajuk rencana pada surat kabar di kalangan papan atas Biasanya berupa hal-hal yang cenderung bersifat politis dari pada aspek sosiologis. Sedangkan untuk tajuk rencana di kalangan menengah bersifat yang sebaliknya. pada pertemuan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh tajuk rencana pada surat kabar tentang pendidikan. langsung saja anda Simak contoh-contohnya di bawah ini.

Beberapa contoh tajuk rencana pada surat kabar tentang pendidikan.

  Sebelum saya memberikan contoh tajuk rencana pada surat kabar tentang pendidikan, saya akan sedikit menjelaskan pengertian tajuk rencana terlebih dahulu. tajuk rencana adalah sebuah artikel pokok atau utama dalam surat kabar yang menjadi perhatian redaksi karena peristiwa yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat. tajuk rencana dapat disebut sebagai teks editorial didalamnya terdapat informasi aktual, pendapat redaksi yang mengupas masalah tersebut, harapan terjadi melalui peran serta pembaca, penegasan tentang pentingnya masalah tadi, dan kritik saran yang berkaitan dengan permasalahan tersebut. harapan rakyat si melalui pesan serta pembaca, penegasan tentang pentingnya masalah Barbie, serta kritik saran yang berkaitan dengan permasalahan

  Dalam contoh tajuk rencana pada surat kabar biasanya ada kalimat opini dan kalimat fakta yang saling berhubungan langsung di dalam baju tersebut. inilah beberapa aspek penting yaitu sebagai berikut.
  • Judul
  • Latar belakang
  • Masalah
  • Tokoh
  • Peristiwa yang ingin disampaikan.
  • Opini penulis
  • Saran serta solusi permasalahan
  • Kesimpulan
  • Sumber dari berita
  • Anggota redaksi

  Selain aspek-aspek yang saya contohkan di atas, Ada pula ciri-ciri yang harus ada dalam contoh tajuk rencana. Berikut ini adalah ciri-ciri tajuk rencana pada surat kabar.
  • Di dalam tajuk rencana harus ada pendapat redaksi yang berkaitan dengan masalah yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat.
  • Ulasan yang dimuat mempunyai skala yang sifatnya National, sehingga bisa diterima pembaca di berbagai kalangan.

  Di dalam pembuatan contoh tajuk rencana haruslah berhati-hati karena tidak menggunakan cara yang sewenang-wenang. cara membuat tajuk rencana yang benar harus memuat hal-hal dibawah ini.
  • Ide topik yang sedang dibahas.
  • Menyeleksi dan mencari data-data yang berkaitan dengan topik.
  • Penambahan substansi tesis dan materi pada keseluruhan mengenai uraian tajuk rencana.
  • Penulisan tajuk rencana
  Dalam membaca sebuah contoh tajuk rencana harus memperhatikan Judul teks nya. hal ini Karena judul akan mempengaruhi minat si pembaca. Vika judulnya tidak bagus maka pembaca tidak akan tertarik untuk melihat ataupun membaca teks nya.

  Judul dalam contoh tajuk rencana juga harus memuat hal-hal yang penting seperti penulisannya singkat sesuai isi teks (to the point) tidak melenceng dari isi teks (relevan) dan juga menarik perhatian pembaca (provokatif).

Contoh tajuk rencana tentang pendidikan

Bullying anak sekolah, salah siapa?.

  Pergaulan anak sekolah pada zaman sekarang ini sedang menjadi bahan pembicaraan di kalangan masyarakat. terlebih lagi karena banyak video di kalangan anak sekolah. bahkan pelaku dan korban kasus tersebut merupakan anak-anak sekolah itu sendiri. kebanyakan dari mereka kasus ini terjadi di kalangan senior dan Junior (siswa baru) siswa senior tersebut mempunyai anggapan bahwa dirinya memperoleh respect dari juniornya. bahkan siswa-siswa tersebut tidak segan-segan untuk melakukan berbagai cara adalah memerlukan juniornya seperti pemberian hukuman secara fisik yang berlebihan maupun tindakan yang bersifat negatif lainnya.

  Jika kita melihat beberapa tahun di belakang. kegiatan Masa Orientasi Siswa (Mos) merupakan sarana pembullyan anak sekolah, baik dalam tingkat SMP, maupun SMA. serta perkuliahan. tujuan dari pada mouse tersebut sebenarnya untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru, melatih kekompakan antar siswa, serta hal-hal positif lainnya. namun kebanyakan malah disalahgunakan untuk hal-hal yang bersifat negatif seperti kekerasan fisik.

  Video bullying yang sedang viral sekarang ini. adalah peristiwa tersebut yang terjadi diluar jam sekolah dan di luar lingkungan sekolah. maka dari itu pihak yang pernah disalahkan ialah orang tua dari pelaku itu sendiri. namun pihak sekolah juga harus menanggapi hal-hal yang berkaitan dengan masalah tersebut. terlepas dari hal hal tersebut. tindakan bullying memang patut diperhatikan oleh seluruh lapisan masyarakat. Hal ini dilakukan untuk membimbing anak menjadi lebih baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan lagi.

  Di atas tadi adalah contoh tajuk rencana di surat kabar tentang pendidikan yang Sedang marak pada saat ini. dan sekaligus sebagai penutup artikel pada pertemuan kali ini. semoga hal di atas bisa bermanfaat untuk kalian semua yang bisa sebagai contoh tajuk rencana. sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Contoh Tajuk Rencana Pada Surat Kabar Tentang Pendidikan Terlengkap"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel