Beberapa Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi Yang Baik Dan Benar Menurut Para Ahli

Dalam sebuah diskusi (rambukan) pasti memerlukan sebuah tanggapan atau respon dari orang-orang yang diajak diskusi tersebut mengenai hal-hal yang dibicarakan. tanggapan-tanggapan tersebut dapat berupa tanggapan negatif maupun positif. namun terkadang tanggapan yang ditangkap tersebut diungkapkan dengan kalimat yang kurang baik, Terkadang juga ada yang mengungkapkan tanggapan kurang enak. nah sebenarnya pengertian kalimat tanggapan yang bagaimana?. Berikut ini adalah contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang menurut para ahli baik dan benar. kalimat tanggapan ialah sebuah kalimat sambutan orang lain berbentuk komentar mengenai pernyataan yang sedang dibahas. kalimat tersebut nantinya akan menghasilkan sebuah kesimpulan dari diskusi tentunya demi kepentingan atau terpecahnya sebuah masalah.

Arti dari kata tanggapan yaitu sambutan terhadap sebuah ucapan, baik itu berupa komentar, kritikan, saran ataupun yang lainnya. dalam menyampaikan sebuah tanggapan yang akan kita keluarkan. perlu kita perhatikan beberapa hal yang penting seperti tata bahasa dan tata tulis, metode, cara penyampaian serta materi yang ingin disampaikan. bentuk dari kalimat tanggapan dalam diskusi yaitu berupa kritikan, masukkan, pertanyaan, perintah dan sebagainya. nah pada pertemuan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang baik dan benar. di bawah ini akan saya sampaikan beberapa kalimat.

Beberapa contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang baik dan benar menurut para ahli

Untuk menghasilkan contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang baik dan benar Anda harus memperhatikan hal-hal yaitu sebagai berikut.
  • Kalimat tanggapan yang diberikan harus sesuai dengan materi yang dibahas
  • Kalimat harus efektif
  • Menyampaikan tanggapan harus urut dan sesuai yang dibahas.
  • Penyampaian kalimat tanggapan harus sopan dan santun.
Pada dasarnya memang ada beberapa komponen dalam sebuah diskusi terlepas dari kalimat tanggapan seperti contoh tanya jawab dan kalimat. namun tanggapan itu sendiri memegang peran penting dalam menjembatani interaksi yang terjadi dalam sebuah diskusi. biar anda lebih paham dan mengerti mengenai jenis kalimat ini saya akan membagikan beberapa contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang sopan dan baik. Berikut ini adalah beberapa contohnya.
  • Apa yang melatarbelakangi penelitian yang Anda pilih kali ini?
  • Apakah populasi yang sebenarnya sudah tergambarkan melalui sampel tersebut?.
  • Jelaskan beberapa penelitian anda melalui kerangka teoritis tersebut?.
  • Seharusnya, Anda cukup menyampaikan topik pembahasan dalam bentuk skema saja!.
  • Kami merasa sampel yang Anda berikan kurang lengkap dan kurang akurat.
  • Apa alasan Anda memilih topik penelitian tersebut?.
  • Saya pikir, sampel yang Anda gunakan tidak berhubungan dengan topik penelitian kali ini.
  • Daftar pustaka Anda seharusnya ditulis dengan urutan yang baik dan benar.
  • Penjelasan yang anda sampaikan terlalu panjang dan lebar. seharusnya penjelasan Anda tersebut menggunakan kalimat yang efektif sehingga tidak mengulur-ngulur waktu.
  • Topik penelitian anda kurang spesifik, sehingga belum menjurus ke topik pembahasan yang anda observasi.
  • Saya setuju dengan pendapat anda semua.
  • Penjelasan yang anda sampaikan sangat tepat sekali. Saya rasa semua itu telah menjelaskan apa yang terjadi di kalangan masyarakat sini.
  • Sebenarnya penjabaran Anda dilengkapi dengan kelompok yang mempunyai sudut pandang yang berbeda.
Kalimat tanggapan dalam diskusi dapat berbentuk penjelasan, pembelaan, saran ataupun penerimaan. misalnya kalimat tanggapan dalam diskusi yang baik dapat menggunakan kata hubung seperti "Sebaliknya" maupun "Akan tetapi" untuk kata hubung Akan tetapi berguna untuk menyampaikan kalimat pertentangan dengan keadaan yang sebelumnya telah disampaikan. Sedangkan untuk kata hubung "Sebaliknya" berguna untuk menyampaikan pendapat yang sebaliknya dengan pernyataan yang sebelumnya disampaikan

Dibawah ini adalah contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang baik dan benar yang lain, yaitu sebagai berikut.
  • Pihak kepolisian akan menindak tegas para pelaku korupsi. akan tetapi, para oknum korupsi nampaknya tidak begitu mempedulikannya sampai-sampai tidak terdapat efek takut ataupun Jera. mereka justru melakukan korupsi terus-menerus.
  • Masyarakat tidak menghiraukan peristiwa banjir yang setiap tahun melanda wilayah tersebut. sebaliknya, mereka bahkan tetap membuang sampah pada aliran sungai yang diyakini menimbulkan banjir musiman.
  • Para calon gubernur dan calon wakil gubernur gencar melaksanakan kampanye di setiap kota kota. Bahkan mereka juga berlomba-lomba untuk mengambil perhatian masyarakat dengan berbagai cara. akan tetapi mereka kurang memperhatikan orang-orang yang kehidupannya jauh lebih kecukupan.
  • Para siswa sepertinya kurang peduli dengan nilai hasil ujian yang, sebaliknya, mereka hanya membuang waktu untuk bermain game pada smartphone ataupun main-mainan saja.
  • Bencana banjir yang terjadi setiap tahun bisa saja diatasi dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kebersihan lingkungan. akan tetapi, masih ada beberapa masyarakat yang terus membuang sampah sembarangan.
  • Pemerintah berniat untuk memberdayakan masyarakat yang kurang mampu. maka dari itu pemerintah membuat peraturan untuk tidak mengemis serta memberikan uang kepada pengemis tersebut. masyarakat kurang mempedulikan peraturan peraturan tersebut dan tetap memberikan uang kepada pengemis.
Pada dasarnya cara memberikan tanggapan dalam suatu diskusi Haruskah disampaikan dengan baik dan benar. hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan kalimat tanggapan diskusi yaitu tutur kata dan tutur bahasa serta pemilihan kata harus sesuai, tanggapan mengandung Beberapa elemen yang menjadi topik diskusi, dan lain sebagainya. inilah beberapa contoh kalimat tanggapan di dalam diskusi yang dapat saya bagikan. semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi Yang Baik Dan Benar Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel