Pengertian Musyawarah, Macam-macam Musyawarah Dalam Kehidupan Masyarakat Sehari-hari

  Salah satu dari Kalian tentu telah menghafal dengan baik apa yang menjadi isi dari Pancasila. bangsa kita ini dibangun dengan nilai dan norma-norma Pancasila semenjak lahirnya kemerdekaan Republik Indonesia. sejarah kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 telah mengajarkan kepada kita bahwa ada hal-hal penting yang harus diputuskan dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan Republik Indonesia.

  Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh para pendiri bangsa tersebut dilaksanakan dengan mekanisme dan tentu saja musyawarah mufakat. demikian seperti yang diamanatkan dalam kandungan Pancasila, betapa pentingnya musyawarah bagi bangsa Indonesia ini. musyawarah sendiri sudah jelas disebutkan didalam sila ke-4 yaitu: kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.


 Berdasarkan sila ke-4 tersebut, tentu kita menyadari bahwa adanya musyawarah sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. terdapat banyak manfaat musyawarah dalam kehidupan sehari-hari. namun, untuk mencapai mufakat tersebut kita harus lebih dahulu memahami asas-asas dalam mengemukakan pendapat di muka umum. hal ini sangat penting bagi kita untuk memahami secara mendalam Apa itu macam-macam musyawarah dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. berikut ini penjelasan macam-macam musyawarah.

1. Musyawarah keluarga
  Musyawarah keluarga adalah jenis musyawarah yang dilakukan dalam lingkup keluarga, baik keluarga inti maupun keluarga besar. musyawarah ini biasanya dilakukan dalam rangka memutuskan segala permasalahan yang ada di dalam keluarga itu sendiri. misalnya, mengenai nama anak, mencari tanggal pernikahan, dan lain-lain sebagainya.

2. Musyawarah desa.
  Musyawarah desa adalah musyawarah yang dikenal dengan istilah rembukan desa. umumnya, musyawarah ini dihadiri oleh kepala keluarga di dalam desa tersebut. permasalahan yang dibahas yaitu masalah pertanian, acara 17 Agustus, pembenahan jalan, dan lain sebagainya.

3. Musyawarah daerah
  Musyawarah daerah ialah salah satu jenis musyawarah yang cukup besar. biasanya anggota dari musyawarah ini adalah para perwakilan dari daerah yang lebih kecil. biasanya materi yang dibahas dalam musyawarah ini sangatlah bervariasi, tergantung pada siapa yang menjadi penyelenggara dari Musyawarah tersebut. musyawarah ini juga bisa menjadi salah satu rajanya tali silaturahmi diantara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya.

4. Musyawarah Nasional
  Jenis musyawarah yang selanjutnya yaitu Musyawarah Nasional. biasanya dalam hal ini melibatkan para pemimpin dari daerah atau Perwakilan Daerah. Musyawarah Nasional lebih cenderung mempunyai skala yang besar dan umumnya diadakan 1 tahun sekali dengan materi musyawarah yang bervariasi.

5. Musyawarah anggota
  Musyawarah anggota Iyalah musyawarah yang sering dilakukan dengan peserta, merupakan anggota dari suatu organisasi tertentu. dalam rapat ini setiap anggota mempunyai hak yang sama untuk menyatakan pendapatnya yang berkenaan dengan Musyawarah tersebut. materi musyawarah biasanya merupakan hal-hal yang berbau teknis.

6. Musyawarah pimpinan
  Jenis musyawarah yang terakhir penulis sampaikan kepada pembaca. musyawarah pimpinan yaitu musyawarah yang memiliki jenis di mana yang menjadi peserta musyawarah ialah para pimpinan di dalam suatu organisasi, biasanya Apa yang dibahas oleh para pimpinan dalam musyawarah ini menyangkut hal-hal yang bersifat strategis demi lancarnya kelangsungan organisasi yang mereka jalankan.

  Penjelasan di atas merupakan uraian secara lengkap mengenai materi macam-macam musyawarah dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, Hanya itu yang bisa kami tulis kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini. Semoga dengan membaca artikel ini anda bisa memahami lebih baik apa itu musyawarah dan macam-macam musyawarah dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. yang perlu kita pahami bersama musyawarah merupakan hal yang tidak akan pernah lepas dari urusan masyarakat. sampai jumpa pada kesempatan yang lain dan semoga kesuksesan senantiasa mengiringi langkah membaca dalam menjalani hidup sehari-hari.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Musyawarah, Macam-macam Musyawarah Dalam Kehidupan Masyarakat Sehari-hari"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel