Beberapa Upaya Pemerintah Orde Baru Untuk Mempertahankan Kekuasaannya

  Republik Indonesia adalah negara yang memiliki negara demokrasi. Meskipun begitu belum semua aspek langsung terlaksana dengan baik. perjalanan masih panjang dalam demokrasi Indonesia sampai saat ini masih berlangsung, khususnya di dalam pemerintahan.


Dimulai sejak Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945 telah mengalami beberapa fase. dan dikelompokkan menjadi tiga yaitu pemerintahan Orde Lama, (era Soekarno). pemerintahan orde baru (era Soeharto). dan pemerintahan reformasi yang dimulai pada tahun 1998 sampai saat ini.

Cara kerja sistem pemerintahan orde lama sampai saat ini , semua mengklaim akan melaksanakan Pancasila dan undang-undang 1945 secara murni dan konsekuen. namun pada kenyataannya, kekuasaan seperti Kebanyakan yang terjadi pada manusia sehingga membutakan mereka. demokrasi tidak murni dilaksanakan, sudah dua periode pemerintahan orde baru dan orde lama melanggengkan kekuasaan presiden yang tidak terbatas. disadari atau tidak kekuasaan bisa dikatakan seumur hidup.

Upaya pemerintah Orde Baru.

  Dari masing-masing pemerintahan dalam melanggengkan kekuasaan memiliki cara tersendiri. termasuk pemerintahan orde baru, segala sesuatu baik dan buruk upaya pemerintahan baru orde baru untuk mempertahankan kekuasaannya kita bahas dalam artikel yang singkat ini. upaya pemerintah Orde Baru guna mempertahankan kekuasaannya, diantaranya sebagai berikut.

1.Memanipulasi pendidikan.
  Dalam dunia pendidikan menjadi salah satu cara yang cukup efektif mencuci otak generasi muda pada era saat ini. contohnya saja dengan kurikulum yang sangat padat, penataan P4, dan lain sebagainya. semua hal tersebut membuat generasi muda takut dan khawatir jika tidak sependapat dengan pemerintahan. melalui pendidikan juga pemerintah berusaha membuat semua warga yakin bahwa pembangunan yang ada di Indonesia berkembang sangat pesat.

2. Pembatasan jumlah parpol.
  Partai politik dalam negara demokrasi adalah cerminan aspirasi rakyat. pada masa orde baru hanya ada 3 partai politik yang ada dan diakui. Contohnya seperti golongan Karya (Golkar). Partai Demokrasi Indonesia (PDI). dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). dengan membatasi jumlah dan fungsi partai politik yang ada, maka modal bagi pemerintah berkuasa untuk mengatur, namun kenyataannya meski Golkar menjadi parpol yang menangani kekuasaan dari semua parpol yang ada, here itu tetap diatur oleh penguasa.

3. Membuat undang-undang yang menyimpang.
  Undang-undang yang menyimpang dan paling dikenal pada masa. yaitu undang-undang subversif. undang-undang yang menyatakan bahwa tidak boleh ada satu orang pun yang menghina presiden beserta keluarganya. termasuk didalamnya tidak dapat mengkritik pemerintahan yang ada atau berseberangan dengan kebijakan pemerintah. undang-undang Ini bertolak belakang dengan undang-undang 1945 pasal 28 tentang asas kemerdekaan mengemukakan pendapat yang menyatakan, bahwa seharusnya semua warga negara di Indonesia bebas mengeluarkan pendapat.

4. Membatasi peran media massa.
  Peran pers dalam masyarakat demokrasi yaitu sebagai penyalur dan pengawas dalam jalannya pemerintahan yang sangat dibatasi ini. media massa atau pers yang saat itu ada Contohnya seperti televisi, radio, dan juga surat kabar hanya diizinkan memberitakan hal hal yang baik tentang pembangunan. mereka juga dilarang mengkritik Penguasa dan keluarganya. media massa yang melanggar aturan akan dicopot SIUP atau dikenal dengan sebutan di brendel.

5. Memutar balikkan sejarah
  Sejarah juga dilakukan oleh pemerintah Orde Baru. semua sejarah tentang perang membuat kemerdekaan sampai perang kemerdekaan diputarbalikkan dengan mengutamakan tokoh-tokoh tertentu menjadi pahlawan. hal ini menjadikan Sejarah adalah dengan menomorsatukan ABRI. seakan-akan tidak ada perjuangan rakyat di dalamnya.

  Mungkin masih ada banyak lagi upaya pemerintah Orde Baru untuk mempertahankan kekuasaannya. Jika dilihat dari segi bidang kehidupan, Diharapkan dengan mengetahui dan memahami tentang Orde Baru serta cara mempertahankan kekuasaan bisa menjadi pelajaran bagi generasi muda untuk bijak memandang pemerintahan yang ada pada era saat ini. sebagai warga negara surga mengharapkan segala pengalaman buruk dimasa lalu tidak terjadi lagi. sejarah buruk tidak boleh Diulangi seperti halnya manusia. bangsa dan negara harus senantiasa melakukan upaya menjaga nama baik NKRI. tidak boleh terperosok ke dalam lubang yang sama. sekian postingan kali ini sampai jumpa pada postingan berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Upaya Pemerintah Orde Baru Untuk Mempertahankan Kekuasaannya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel